Kamis, 20 November 2014

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)

Sekolah                     :  SMAN 3 TELUK KERAMAT
Kelas/Semester      :  XI/Ganjil
Mata Pelajaran        :  Mulok Pertanian
Standar kompetensi          :  Merencanakan dan membuat tempat pembibitan
Kompetensi Dasar :  Merencanakan pembibitan
Indikator                   :  Menyebutkan alat dan bahan untuk membuat pembibitan.
Menjelaskan pengertian pembibitan
Mendeskripsikan jenis-jenis bibit tanaman
Alokasi Waktu         : 4 x 45 menit ( 2 kali pertemuan )
 


A.   Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai melakukan kegiatan pembelajaran, siswa dapat;
1.    Menjelaskan pengertian pembibitan
2.    Menyebutkan alat dan bahan untuk membuat pembibitan.
3.    Mendeskripsikan jenis-jenis bibit tanaman
B.   Materi Pembelajaran
1.    Pengertian Pembibitan
2.    Jenis-Jenis Bibit Tanaman
C.   Metode Pembelajaran
Ø  Ceramah bervariasi
Ø  Tanya jawab
Ø  Penugasan
D.   Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama
a. Pendahuluan
·         Salam dan absent
·         Apersepsi: guru menanyakan tentang bibit
·         Motivasi: pentingnya pembibitan dalam pertanian
b. Kegiatan Inti
·         Guru menampilkan informasi tentang pembibitan jenis tanaman di Indonesia.
·         Guru menampilkan informasi tentang  hal-hal tentang pembibitan
·         Guru menjelaskan pengertian pembibitan jenis-jenis tanaman di Indonesia
c. Penutup
·         Guru memberikan pertanyaan kepada siswa.
·         Guru dan siswa mambuat kesimpulan dari hasil belajar
·         Guru memberikan tugas tes tertulis kepada siswa
Pertemuan kedua
a. Pendahuluan
·         Salam dan absent
·         Apersepsi: guru menanyakan tentang jenis-jensi bibit
·         Motivasi: pentingnya pembibitan dalam pertanian
b. Kegiatan Inti
·         Guru menampilkan informasi tentang alat dan bahan untuk membuat pembibitan.
·         Guru menampilkan informasi tentang  hal-hal tentang pembibitan
·         Guru mengidentifikasi jenis-jenis tanaman di Indonesia
c. Penutup
·         Guru memberikan pertanyaan kepada siswa.
·         Guru dan siswa mambuat kesimpulan dari hasil belajar
·         Guru memberikan tugas tes tertulis kepada siswa
E. Sumber Belajar
·         Bertanam tanaman dalam pot, terbitan Titian Ilmu.
·         Memindahkan kebun kedapur, terbitan Panca Anugrah Sakti
·         Panen sayur, terbitan Penebar Swadaya.
·         Internet
F. Penilaian
Teknik penilaian            : tes tertulis dan tes lisan
Bentuk instrument         : tes uraian dan daftar pertanyaan
Contoh instrument        :
1.    Jelaskan pengertian bibit ?
2.    Jelaskan hal apa saja hal yang perlu diperhatikan dalam memilih jenis bibit tanaman ?
3.    Sebutkan bahan-bahan yang digunakan untuk membuat tempat pembibitan !
4.    Sebutkan jenis-jenis bibit tanaman ?
5.    Sebutkan beberapa alat yang dipakai untuk membuat tempat pembibitan !





Sungai baru, …. Juli 2013
    Mengetahui,                                                                          Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah SMAN 3 Teluk Keramat                                            Mulok Pertanian



SUHADI ALI, S.Pd                                                                             JAKA, S.Pd
    NIP:                                                                                                 NIP:



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)

Sekolah                     :  SMAN 3 TELUK KERAMAT
Kelas/Semester      :  XI/Ganjil
Mata Pelajaran        :  Mulok Pertanian
Standar Kompetensi         : 1. Merencanakan dan membuat tempat pembibitan
Kompetensi Dasar             : 1.2  Menyiapkan lahan pertanian
Indikator                   : - Lahan bebas dari gulma dan sisa-sisa kayu
-    Lahan untuk pembibitan diharapkan gembur dan rata
-    Membersihkan  lahan  dan menggemburkan  tanah untuk pembibitan
-       Menjelaskan lahan pertanian
Alokasi Waktu         : 4 x 45  Menit ( 2 kali pertemuan )
A.   Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai melakukan kegiatan pembelajaran, siswa dapat;
1.    Menjelaskan lahan pertanian
2.    Mengidentifikasi lahan bebas dari gulma dan sisa-sisa kayu
3.    Memahami lahan untuk pembibitan diharapkan gembur dan rata
4.    Membersihkan  lahan  dan menggemburkan  tanah untuk pembibitan
B.   Materi Pembelajaran
1.    Lahan Pertanian
C.   Metode Pembelajaran
Ø  Ceramah bervariasi
Ø  Tanya jawab
Ø  Praktek di lapangan
D.   Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama
a. Pendahuluan
·         Salam dan absent
·         Apersepsi: guru menanyakan tentang lahan
·         Motivasi: pentingnya memilih lahan untuk pertanian
b. Kegiatan Inti
Guru menampilkan informasi tentang Menjelaskan lahan pertanian
·         Guru menampilkan informasi tentang lahan pertanian di Indonesia.
·         Guru menampilkan informasi tentang  lahan bebas dari gulma dan sisa-sisa kayu
c. Penutup
·         Guru memberikan pertanyaan kepada siswa.
·         Guru dan siswa mambuat kesimpulan dari hasil belajar
·         Guru memberikan tugas tes tertulis kepada siswa
Pertemuan kedua
a. Pendahuluan
·         Salam dan absent
·         Apersepsi: guru menanyakan tentang jenis-jensi bibit
·         Motivasi: pentingnya pembibitan dalam pertanian
b. Kegiatan Inti
·         Guru menampilkan informasi tentang lahan untuk pembibitan diharapkan gembur dan rata.
·         Guru menampilkan informasi tentang membersihkan lahan dan menggemburkan  tanah untuk pembibitan
·         Guru memberikan penjelasan pentingnya pembersihan dan penggemburan lahan serta teknis pelaksanaanya.
c. Penutup
·         Guru memberikan pertanyaan kepada siswa.
·         Guru dan siswa mambuat kesimpulan dari hasil belajar
·         Guru memberikan tugas tes tertulis kepada siswa
E. Sumber Belajar
·         Bertanam tanaman dalam pot, terbitan Titian Ilmu.
·         Memindahkan kebun kedapur, terbitan Panca Anugrah Sakti
·         Panen sayur, terbitan Penebar Swadaya.
·         Internet
F. Penilaian
1. Skil / Psikomotor
a.    Cara memegang dan menggunakan alat
b.    Hasil pembersihan dan penggemburan lahan
c.    Ukuran lahan yang dibersihkan dan digemburkan.
Kriteria : Lahan bebas rumput, sisa tanaman dan gembur, serta rata dengan ukuran 1,5 x 3 Meter
2. Tes Pengetahuan
1.    Mengapa lahan harus bebas dari rumput dan sisa-sisa kayu/tanaman ?
2.    Mengapa tanah perlu digemburkan dan  diratakan ?



Sungai baru, …. Juli 2013
    Mengetahui,                                                                     Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah SMAN 3 Teluk Keramat                                       Mulok Pertanian


SUHADI ALI, S.Pd                                                                    JAKA, S.Pd
    NIP:                                                                                        NIP:






Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)

Sekolah                     :  SMAN 3 TELUK KERAMAT
Kelas/Semester      :  XI/Ganjil
Mata Pelajaran        :  Mulok Pertanian
Standar Kompetensi         : 1. Merencanakan dan membuat tempat pembibitan
Kompetensi Dasar:            1.3  Membuat bangunan  pembibitan
Indikator                   : -  Bedengan diolah dengan ukuran 1,5 x 3 Meter
-       Bangunan  pembibitan  dibuat   menghadap   kearah timur
Alokasi Waktu         : 4 x 45  Menit ( 2 kali pertemuan )
A.   Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai melakukan kegiatan pembelajaran, siswa dapat;
1.    Bedengan diolah dengan ukuran 1,5 x 3 Meter
2.    Bangunan  pembibitan  dibuat   menghadap   kearah timur
B.   Materi Pembelajaran
1.    Bedengan pembibitan.
2.    Bangunan pembibitan
C.   Metode Pembelajaran
Ø  Ceramah bervariasi
Ø  Tanya jawab
Ø  Praktek di lapangan
D.   Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama
a.    Pendahuluan
·         Salam dan absent
·         Apersepsi: guru menanyakan tentang bedengan
·         Motivasi: pentingnya membuat bedengan
b.    b. Kegiatan Inti
·         Guru menjelaskan fungsi dan cara membuat bangunan pembibitan.
·         Siswa membuat/mendirikan bangunan pembibitan
c.    Penutup
·         Guru memberikan pertanyaan kepada siswa.
·         Guru dan siswa mambuat kesimpulan dari hasil belajar
·         Guru memberikan tugas tes tertulis kepada siswa
Pertemuan kedua
a. Pendahuluan
·         Salam dan absent
·         Apersepsi: guru menanyakan tentang bedengan
·         Motivasi: pentingnya membuat bedengan
b. Kegiatan Inti
·         Siswa membuat bedengan pembibitan.
·         Siswa membersihkan dan membereskan alat yang telah dipakai.
c. Penutup
·         Guru memberikan pertanyaan kepada siswa.
·         Guru dan siswa mambuat kesimpulan dari hasil belajar
·         Guru memberikan tugas tes tertulis kepada siswa
E. Sumber Belajar
·         Bertanam tanaman dalam pot, terbitan Titian Ilmu.
·         Memindahkan kebun kedapur, terbitan Panca Anugrah Sakti
·         Panen sayur, terbitan Penebar Swadaya.
·         Internet
F. Penilaian
1.    Skil / Psikomotor
a.    Cara menggunakan alat untuk pembibitan : Linggis, palu, cangkul dan gergaji
b.    Ukuran bangunan pembibitan Barat : 50 Cm  Timur : 75 Cm.  
c.    Ukuran bedengan pembibitan : Panjang 3 m  dan  Lebar : 1,5 m.
2.    Kerjasama
-          Kerjasama dalam kelompok dan antar kelompok.
  1. Tes Pengetahuan :
1.    Apa fungsi bangunan pembibitan ?
2.    Mengapa bangunan pembibitan lebih baik menghadap ketimur ?
Jawab :
1.    Melindung bibit yang baru ditanam dari terik matahari dan hujan.
2.    Mendapatkan sinar matahari pagi lebih banyak




Sungai baru, …. Juli 2013
    Mengetahui,                                                                     Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah SMAN 3 Teluk Keramat                                         Mulok Pertanian



SUHADI ALI, S.Pd                                                                    JAKA, S.Pd
    NIP:                                                                                       NIP:




Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)

Sekolah                                 :  SMAN 3 TELUK KERAMAT
Kelas/Semester                  :  XI/Ganjil
Mata Pelajaran                    :  Mulok Pertanian
Standar Kompetensi         :  2. Menyediakan media semai
Kompetensi Dasar             : 2.1. Menyediakan media semai
Indikator                               : -  Menjelaskan pengertian media tanah
-       Mengidentifiksi jenis-jenis tanah
-       Mendeskripsikan beberapa cara mempersiapkan media tanah
-       Alat dan bahan yang digunakan
Alokasi Waktu         : 4 x 45  Menit ( 2 kali pertemuan )
A.   Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai melakukan kegiatan pembelajaran, siswa dapat;
1.    Menjelaskan pengertian media tanah
2.    Mengidentifiksi jenis-jenis tanah
3.    Mendeskripsikan beberapa cara mempersiapkan media tanah
4.     Menjelaskan beberapa cara mempersiapkan media tanam,
5.    Alat dan bahan yang digunakan
B.   Materi Pembelajaran
1.    Pengertian Media Tanah
2.    Beberapa Cara Mempersiapkan Media Tanam,
C.   Metode Pembelajaran
Ø  Ceramah bervariasi
Ø  Tanya jawab
Ø  Praktek di lapangan
D.   Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama
a.    Pendahuluan
·         Salam dan absent
·         Apersepsi: guru menanyakan tentang media tanah
·         Motivasi: pentingnya memilih media tanah yang baik
b.    Kegiatan Inti
·         Guru Menjelaskan pengertian media tanah
·         Mengidentifiksi jenis-jenis tanah
·         Siswa memilih dan memilah jenis-jenis tanah yang subur
c.    Penutup
·         Guru memberikan pertanyaan kepada siswa.
·         Guru dan siswa mambuat kesimpulan dari hasil belajar
·         Guru memberikan tugas tes tertulis kepada siswa
Pertemuan kedua
a. Pendahuluan
·         Salam dan absent
·         Apersepsi: guru menanyakan tentang media tanah
·         Motivasi: pentingnya mempersiapkan media tanam
b. Kegiatan Inti
·         Mendeskripsikan beberapa cara mempersiapkan media tanah
·         Menjelaskan beberapa cara mempersiapkan media tanam,
·         Alat dan bahan yang digunakan
·         Siswa membersihkan dan membereskan alat yang telah dipakai.
c. Penutup
·         Guru memberikan pertanyaan kepada siswa.
·         Guru dan siswa mambuat kesimpulan dari hasil belajar
·         Guru memberikan tugas tes tertulis kepada siswa
E. Sumber Belajar
·         Bertanam tanaman dalam pot, terbitan Titian Ilmu.
·         Memindahkan kebun kedapur, terbitan Panca Anugrah Sakti
·         Panen sayur, terbitan Penebar Swadaya.
·         Internet
F. Penilaian
1.    Skil / Psikomotor
a.    Cara menggunakan alat untuk mempersiapkan media  tanam : Linggis, palu, cangkul dan gergaji
2.    Kerjasama
-          Kerjasama dalam kelompok dan antar kelompok.
  1. Tes Pengetahuan :
3.    Jelaskan mengenai media tanah ?
4.    Apa fungsi media tanam ?
5.    Sebutkan dan jelaskan beberapa cara mempersiapkan media tanam ?



Sungai baru, …. Juli 2013
    Mengetahui,                                                                     Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah SMAN 3 Teluk Keramat                                         Mulok Pertanian



SUHADI ALI, S.Pd                                                                    JAKA, S.Pd
    NIP:                                                                                           NIP:




Tidak ada komentar:

Posting Komentar