Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Sekolah :
SMAN 3 TELUK KERAMAT
Kelas/Semester :
XI/Ganjil
Mata Pelajaran : Mulok Pertanian
Standar kompetensi : Merencanakan dan membuat tempat
pembibitan
Kompetensi Dasar : Merencanakan
pembibitan
Indikator : Menyebutkan alat dan bahan untuk membuat pembibitan.
Menjelaskan pengertian pembibitan
Mendeskripsikan jenis-jenis bibit tanaman
Alokasi Waktu : 4 x 45 menit ( 2 kali pertemuan )
A.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah
selesai melakukan kegiatan pembelajaran, siswa dapat;
1. Menjelaskan
pengertian pembibitan
2.
Menyebutkan alat dan bahan untuk membuat pembibitan.
3. Mendeskripsikan
jenis-jenis bibit tanaman
B.
Materi
Pembelajaran
1. Pengertian
Pembibitan
2. Jenis-Jenis
Bibit Tanaman
C.
Metode
Pembelajaran
Ø Ceramah
bervariasi
Ø Tanya
jawab
Ø Penugasan
D.
Langkah-Langkah
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
pertama
a.
Pendahuluan
·
Salam dan absent
·
Apersepsi: guru menanyakan tentang bibit
·
Motivasi: pentingnya pembibitan dalam
pertanian
b.
Kegiatan Inti
·
Guru menampilkan informasi tentang pembibitan
jenis tanaman di Indonesia.
·
Guru menampilkan informasi tentang hal-hal tentang pembibitan
·
Guru menjelaskan pengertian pembibitan
jenis-jenis tanaman di Indonesia
c.
Penutup
·
Guru memberikan pertanyaan kepada siswa.
·
Guru dan siswa mambuat kesimpulan dari hasil
belajar
·
Guru memberikan tugas tes tertulis kepada
siswa
Pertemuan kedua
a.
Pendahuluan
·
Salam dan absent
·
Apersepsi: guru menanyakan tentang
jenis-jensi bibit
·
Motivasi: pentingnya pembibitan dalam
pertanian
b.
Kegiatan Inti
·
Guru menampilkan informasi tentang alat dan bahan
untuk membuat pembibitan.
·
Guru menampilkan informasi tentang hal-hal tentang pembibitan
·
Guru mengidentifikasi jenis-jenis tanaman di
Indonesia
c.
Penutup
·
Guru memberikan pertanyaan kepada siswa.
·
Guru dan siswa mambuat kesimpulan dari hasil
belajar
·
Guru memberikan tugas tes tertulis kepada
siswa
E. Sumber Belajar
·
Bertanam tanaman dalam pot, terbitan Titian Ilmu.
·
Memindahkan kebun kedapur, terbitan Panca Anugrah Sakti
·
Panen sayur, terbitan Penebar Swadaya.
·
Internet
F.
Penilaian
Teknik
penilaian : tes tertulis dan
tes lisan
Bentuk
instrument : tes uraian dan daftar
pertanyaan
Contoh
instrument :
1. Jelaskan
pengertian bibit ?
2.
Jelaskan hal apa saja hal yang perlu
diperhatikan dalam memilih jenis bibit tanaman ?
3.
Sebutkan bahan-bahan yang digunakan untuk membuat tempat
pembibitan !
4.
Sebutkan jenis-jenis bibit tanaman ?
5. Sebutkan
beberapa alat yang dipakai untuk membuat tempat pembibitan !
Sungai baru, …. Juli 2013
Mengetahui, Guru Mata Pelajaran
Kepala
Sekolah SMAN 3 Teluk Keramat Mulok
Pertanian
SUHADI ALI, S.Pd JAKA, S.Pd
NIP: NIP:
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Sekolah : SMAN 3 TELUK KERAMAT
Kelas/Semester : XI/Ganjil
Mata Pelajaran : Mulok Pertanian
Standar
Kompetensi :
1. Merencanakan dan membuat
tempat pembibitan
Kompetensi
Dasar :
1.2 Menyiapkan lahan pertanian
Indikator :
- Lahan bebas dari gulma dan sisa-sisa kayu
-
Lahan
untuk pembibitan diharapkan gembur dan rata
-
Membersihkan lahan dan
menggemburkan tanah untuk pembibitan
-
Menjelaskan
lahan pertanian
Alokasi Waktu : 4 x 45 Menit ( 2 kali
pertemuan )
A.
Tujuan Pembelajaran
Setelah
selesai melakukan kegiatan pembelajaran, siswa dapat;
1. Menjelaskan
lahan pertanian
2.
Mengidentifikasi
lahan bebas dari gulma dan sisa-sisa kayu
3.
Memahami
lahan untuk pembibitan diharapkan gembur dan rata
4.
Membersihkan
lahan dan menggemburkan tanah untuk pembibitan
B.
Materi
Pembelajaran
1. Lahan Pertanian
C. Metode Pembelajaran
Ø Ceramah
bervariasi
Ø Tanya
jawab
Ø Praktek di
lapangan
D.
Langkah-Langkah
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
pertama
a.
Pendahuluan
·
Salam dan absent
·
Apersepsi: guru menanyakan tentang lahan
·
Motivasi: pentingnya memilih lahan untuk
pertanian
b.
Kegiatan Inti
Guru menampilkan informasi
tentang Menjelaskan lahan pertanian
·
Guru menampilkan informasi tentang lahan
pertanian di Indonesia.
·
Guru menampilkan informasi tentang lahan
bebas dari gulma dan sisa-sisa kayu
c.
Penutup
·
Guru memberikan pertanyaan kepada siswa.
·
Guru dan siswa mambuat kesimpulan dari hasil
belajar
·
Guru memberikan tugas tes tertulis kepada
siswa
Pertemuan kedua
a.
Pendahuluan
·
Salam dan absent
·
Apersepsi: guru menanyakan tentang
jenis-jensi bibit
·
Motivasi: pentingnya pembibitan dalam
pertanian
b.
Kegiatan Inti
·
Guru menampilkan informasi tentang lahan
untuk pembibitan diharapkan gembur dan rata.
·
Guru menampilkan informasi tentang membersihkan lahan dan
menggemburkan tanah untuk pembibitan
·
Guru memberikan penjelasan pentingnya pembersihan dan
penggemburan lahan serta teknis pelaksanaanya.
c.
Penutup
·
Guru memberikan pertanyaan kepada siswa.
·
Guru dan siswa mambuat kesimpulan dari hasil
belajar
·
Guru memberikan tugas tes tertulis kepada
siswa
E. Sumber Belajar
·
Bertanam tanaman dalam pot, terbitan Titian Ilmu.
·
Memindahkan kebun kedapur, terbitan Panca Anugrah Sakti
·
Panen sayur, terbitan Penebar Swadaya.
·
Internet
F.
Penilaian
1. Skil /
Psikomotor
a.
Cara
memegang dan menggunakan alat
b.
Hasil
pembersihan dan penggemburan lahan
c.
Ukuran
lahan yang dibersihkan dan digemburkan.
Kriteria :
Lahan bebas rumput, sisa tanaman dan gembur, serta rata dengan ukuran 1,5 x 3
Meter
2. Tes
Pengetahuan
1.
Mengapa lahan harus bebas dari rumput dan sisa-sisa
kayu/tanaman ?
2.
Mengapa
tanah perlu digemburkan dan diratakan ?
Sungai baru, …. Juli 2013
Mengetahui, Guru
Mata Pelajaran
Kepala
Sekolah SMAN 3 Teluk Keramat Mulok Pertanian
SUHADI ALI, S.Pd JAKA, S.Pd
NIP: NIP:
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Sekolah : SMAN 3 TELUK KERAMAT
Kelas/Semester : XI/Ganjil
Mata Pelajaran : Mulok Pertanian
Standar
Kompetensi :
1. Merencanakan dan membuat
tempat pembibitan
Kompetensi
Dasar: 1.3
Membuat bangunan pembibitan
Indikator : - Bedengan
diolah dengan ukuran 1,5 x 3 Meter
- Bangunan pembibitan dibuat
menghadap kearah timur
Alokasi Waktu : 4 x 45 Menit ( 2 kali
pertemuan )
A.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah
selesai melakukan kegiatan pembelajaran, siswa dapat;
1.
Bedengan diolah dengan ukuran 1,5 x 3 Meter
2.
Bangunan pembibitan dibuat
menghadap kearah timur
B.
Materi
Pembelajaran
1. Bedengan
pembibitan.
2. Bangunan
pembibitan
C. Metode Pembelajaran
Ø Ceramah
bervariasi
Ø Tanya
jawab
Ø Praktek di
lapangan
D.
Langkah-Langkah
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
pertama
a. Pendahuluan
·
Salam dan absent
·
Apersepsi: guru menanyakan tentang bedengan
·
Motivasi: pentingnya membuat bedengan
b. b.
Kegiatan Inti
·
Guru menjelaskan fungsi dan cara membuat bangunan
pembibitan.
·
Siswa membuat/mendirikan bangunan pembibitan
c. Penutup
·
Guru memberikan pertanyaan kepada siswa.
·
Guru dan siswa mambuat kesimpulan dari hasil
belajar
·
Guru memberikan tugas tes tertulis kepada
siswa
Pertemuan kedua
a.
Pendahuluan
·
Salam dan absent
·
Apersepsi: guru menanyakan tentang bedengan
·
Motivasi: pentingnya membuat bedengan
b.
Kegiatan Inti
·
Siswa
membuat bedengan pembibitan.
·
Siswa
membersihkan dan membereskan alat yang telah dipakai.
c.
Penutup
·
Guru memberikan pertanyaan kepada siswa.
·
Guru dan siswa mambuat kesimpulan dari hasil
belajar
·
Guru memberikan tugas tes tertulis kepada
siswa
E. Sumber Belajar
·
Bertanam tanaman dalam pot, terbitan Titian Ilmu.
·
Memindahkan kebun kedapur, terbitan Panca Anugrah Sakti
·
Panen sayur, terbitan Penebar Swadaya.
·
Internet
F.
Penilaian
1.
Skil / Psikomotor
a.
Cara menggunakan alat untuk pembibitan : Linggis, palu,
cangkul dan gergaji
b.
Ukuran bangunan pembibitan Barat : 50 Cm Timur : 75
Cm.
c.
Ukuran
bedengan pembibitan : Panjang 3 m dan Lebar : 1,5 m.
2.
Kerjasama
-
Kerjasama dalam kelompok dan antar kelompok.
- Tes Pengetahuan :
1. Apa fungsi bangunan pembibitan ?
2.
Mengapa
bangunan pembibitan lebih baik menghadap ketimur ?
Jawab :
1.
Melindung
bibit yang baru ditanam dari terik matahari dan hujan.
2.
Mendapatkan sinar matahari pagi lebih banyak
Sungai baru, …. Juli 2013
Mengetahui,
Guru Mata Pelajaran
Kepala
Sekolah SMAN 3 Teluk Keramat Mulok Pertanian
SUHADI ALI, S.Pd JAKA,
S.Pd
NIP: NIP:
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Sekolah : SMAN 3 TELUK KERAMAT
Kelas/Semester :
XI/Ganjil
Mata Pelajaran :
Mulok Pertanian
Standar
Kompetensi : 2. Menyediakan media semai
Kompetensi
Dasar : 2.1. Menyediakan media
semai
Indikator : - Menjelaskan pengertian media
tanah
-
Mengidentifiksi jenis-jenis tanah
-
Mendeskripsikan beberapa cara
mempersiapkan media tanah
-
Alat dan bahan yang digunakan
Alokasi Waktu : 4 x 45 Menit ( 2 kali
pertemuan )
A.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah
selesai melakukan kegiatan pembelajaran, siswa dapat;
1.
Menjelaskan pengertian media tanah
2.
Mengidentifiksi
jenis-jenis tanah
3.
Mendeskripsikan
beberapa cara mempersiapkan media tanah
4.
Menjelaskan beberapa
cara mempersiapkan media tanam,
5. Alat dan bahan yang digunakan
B.
Materi
Pembelajaran
1. Pengertian
Media Tanah
2. Beberapa Cara Mempersiapkan Media Tanam,
C.
Metode
Pembelajaran
Ø Ceramah
bervariasi
Ø Tanya
jawab
Ø Praktek di
lapangan
D.
Langkah-Langkah
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
pertama
a. Pendahuluan
·
Salam dan absent
·
Apersepsi: guru menanyakan tentang media
tanah
·
Motivasi: pentingnya memilih media tanah yang
baik
b. Kegiatan
Inti
·
Guru Menjelaskan pengertian media tanah
·
Mengidentifiksi
jenis-jenis tanah
·
Siswa memilih dan memilah jenis-jenis tanah yang subur
c. Penutup
·
Guru memberikan pertanyaan kepada siswa.
·
Guru dan siswa mambuat kesimpulan dari hasil
belajar
·
Guru memberikan tugas tes tertulis kepada
siswa
Pertemuan kedua
a.
Pendahuluan
·
Salam dan absent
·
Apersepsi: guru menanyakan tentang media
tanah
·
Motivasi: pentingnya mempersiapkan media
tanam
b.
Kegiatan Inti
·
Mendeskripsikan
beberapa cara mempersiapkan media tanah
·
Menjelaskan beberapa cara
mempersiapkan media tanam,
·
Alat
dan bahan yang digunakan
·
Siswa
membersihkan dan membereskan alat yang telah dipakai.
c.
Penutup
·
Guru memberikan pertanyaan kepada siswa.
·
Guru dan siswa mambuat kesimpulan dari hasil
belajar
·
Guru memberikan tugas tes tertulis kepada
siswa
E. Sumber Belajar
·
Bertanam tanaman dalam pot, terbitan Titian Ilmu.
·
Memindahkan kebun kedapur, terbitan Panca Anugrah Sakti
·
Panen sayur, terbitan Penebar Swadaya.
·
Internet
F.
Penilaian
1.
Skil / Psikomotor
a.
Cara menggunakan alat untuk mempersiapkan media tanam : Linggis, palu, cangkul dan gergaji
2.
Kerjasama
-
Kerjasama dalam kelompok dan antar kelompok.
- Tes Pengetahuan :
3. Jelaskan mengenai media tanah ?
4. Apa fungsi media tanam ?
5.
Sebutkan
dan jelaskan beberapa cara mempersiapkan media tanam ?
Sungai baru, …. Juli 2013
Mengetahui,
Guru Mata Pelajaran
Kepala
Sekolah SMAN 3 Teluk Keramat Mulok Pertanian
SUHADI ALI, S.Pd JAKA,
S.Pd
NIP: NIP:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar