Jumat, 21 November 2014

silabus sejarah indonesia sma kelas xi

SILABUS
MATA PELAJARAN SEJARAH INDONESIA
SatuanPendidikan       : SMAN 3 TELUK KERAMAT
Kelas/Semester            : XI/1
Kompetensi Inti          :
KOMPETENSI INTI
KI-1
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI-2
Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI-3
Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI-4
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.


Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Instrumen
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1.      Menghayati nilai-nilai persatuan dan keinginan bersatu dalam perjuangan pergerakan nasional menuju kemerdekaan bangsa sebagai karunia Tuhan Yang Maha Esa terhadap bangsa dan negara Indonesia.






2.1    Mengembangkan nilai dan perilaku mempertahankan harga diri bangsa dengan bercermin pada kegigihan para pejuang dalam melawan penjajah.

2.2    Meneladani perilaku kerjasama, tanggung jawab, cinta damai  para pejuang dalam mewujudkan cita-cita mendirikan negara dan bangsa Indonesia dan menunjukkannya dalam kehidupan sehari-hari

2.3    Meneladani perilaku  kerjasama, tanggung jawab, cinta damai para pejuang untuk meraih kemerdekaan dan menunjukkannya dalam kehidupan sehari-hari.

2.4    Meneladani perilaku kerjasama, tanggung jawab, cinta damai para pejuang untuk mempertahankan kemerdekaan dan menunjukkannya dalam kehidupan sehari-hari.

2.5    Berlaku jujur dan bertanggungjawab dalam mengerjakan tugas-tugas dari pembelajaran sejarah.





3.1    Menganalisis perubahan, dan keberlanjutan dalam peristiwa sejarah pada masa penjajahan asing hingga proklamasi kemerdekaan Indonesia
3.2    Menganalisis proses masuk dan perkembangan penjajahan bangsa Barat (Portugis, Belanda, Inggris) di Indonesia.
3.3    Menganalisis strategi perlawanan bangsa Indonesia terhadap penjajahan bangsa Barat di Indonesia sebelum dan sesudah abad ke-20

4.1    Mengolah informasi tentang peristiwa sejarah pada masa penjajahan Bangsa Barat
4.2    Mengolah informasi tentang proses masuk dan perkembangan penjajahan bangsa Barat di Indonesia dan menyajikannya dalam bentuk  cerita sejarah.
4.3    Mengolah informasi tentang strategi perlawanan bangsa Indonesia terhadap penjajahan bangsa Barat di Indonesia sebelum dan sesudah abad ke-20 dan menyajikannya dalam bentuk cerita sejarah
Unit 1
Pengaruh Bangsa Barat terhadap
Kehidupan Bangsa Indonesia:
A.      Latar Belakang Munculnya Imperialisme dan Kolonialisme di Indonesia
B.      Pertemuan Awal Bangsa Indonesia dengan Bangsa Eropa.
C.      Muncul dan Berkembangnya Kolonialisme dan Imperialisme Barat di Indonesia.
D.      Perubahan Ekonomi, Demografi ,dan Sosial-Budaya di Berbagai Daerah pada Masa Kolonial.
E.       Perlawanan Rakyat Menentang Dominasi Asing

Mengamati :
·    membaca buku teks tentang  pertumbuhan dan perkembangan kolonialisme dan imperialisme Barat dan strategi perlawanan bangsa Indonesia terhadap penjajahan bangsa Barat di Indonesia sebelum dan sesudah abad ke-20.

Menanya:                  
·    berdiskusi  untuk mendapatkan klarifikasi tentang pertumbuhan dan perkembangan kolonialisme dan imperialisme Barat dan strategi perlawanan bangsa Indonesia terhadap penjajahan bangsa Barat di Indonesia sebelum dan sesudah abad ke-20.

Mengeksplorasikan: 
·    mengumpulkan informasi terkait
dengan pertanyaan mengenai pertumbuhan dan perkembangan kolonialisme dan imperialisme Barat dan strategi perlawanan bangsa Indonesia terhadap penjajahan bangsa Barat di Indonesia sebelum dan sesudah abad ke-20, melalui bacaan, internet  dan sumber-sumber lain.

Mengasosiasi:  
·     menganalisis  informasi   yang didapat  dari sumber tertulis  dan atau  internet serta sumber lainya untuk mendapatkan  kesimpulan tentang pertumbuhan dan perkembangan kolonialisme dan imperialisme Barat dan strategi perlawanan bangsa Indonesia terhadap penjajahan bangsa Barat di Indonesia sebelum dan sesudah abad ke-20.

Mengkomunikasikan:  
·     hasil analisis yang telah dilakukan selanjutnya dibuat laporan dalam bentuk tulisan tentang pertumbuhan dan perkembangan kolonialisme dan imperialisme Barat dan strategi perlawanan bangsa Indonesia terhadap penjajahan bangsa Barat di Indonesia sebelum dan sesudah abad ke-20.

Observasi:  mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data, dan pembuatan laporan.

Portofolio:        
menilai laporan peserta didik tentang  pertumbuhan dan perkembangan kolonialisme dan imperialisme Barat dan strategi perlawanan bangsa Indonesia terhadap penjajahan bangsa Barat di Indonesia sebelum dan sesudah abad ke-20.

Tes tertulis:       menilai kemampuan peserta didik dalam menganalisis  tentang  pertumbuhan dan perkembangan kolonialisme dan imperialisme Barat dan strategi perlawanan bangsa Indonesia terhadap penjajahan bangsa Barat di Indonesia sebelum dan sesudah abad ke-20
10 mg x 2 jp

·   Buku Facil: Advance Learning History 2, Nana Supriatna, Penerbit Grafindo Media Pratama, 2014
·   Gambar/ Poster tulisan
·   PowerPoint History 2
·   Sumber belajar lainnya
3.4    Menganalisis persamaan dan perbedaan  pendekatan dan strategi pergerakan nasional di Indonesia pada masa awal kebangkitan nasional,  Sumpah Pemuda dan sesudahnya sampai dengan  Proklamasi Kemerdekaan.
3.5    Menganalisis peran tokoh-tokoh nasional dan daerah dalam perjuangan menegakkan negara Republik Indonesia.
3.6    Menganalisis dampak  politik, budaya, sosial-ekonomi dan pendidikan pada masa penjajahan Barat dalam kehidupan bangsa Indonesia masa kini.

4.4     Mengolah informasi tentang persamaan dan perbedaan  pendekatan dan strategi pergerakan nasional di Indonesia pada masa awal kebangkitan nasional, pada masa Sumpah Pemuda,  masa  sesudahnya sampai dengan Proklamasi Kemerdekaan dan menyajikannya dalam bentuk cerita sejarah.
4.5     Menulis sejarah tentang  satu tokoh nasional dan tokoh dari daerahnya yang berjuang melawan penjajahan kolonial Barat.
4.6     Menalar dampak  politik, budaya, sosial-ekonomi dan pendidikan pada masa penjajahan Barat dalam kehidupan bangsa Indonesia masa kini dan menyajikannya dalam bentuk cerita sejarah.






Unit  2
Kesadaran Kebangsaan Indonesia:
A.      Muncul dan Berkembangnya Pergerakan Nasional Indonesia
B.      Pertumbuhan dan Perkembangan Ideologi serta Organisasi Pergerakan Nasional Indonesia
C.      Kebijakan Keras Pemerintah Hindia Belanda terhadap Pergerakan Kebangsaan Indonesia
D.      Perkembangan Infrastruktur pada Masa Pergerakan Nasional
E.       Masa Pendudukan Militer Jepang

Mengamati:          
·    membaca buku teks tentang  strategi  pergerakan,  tokoh-tokoh pergerakan nasional  dan dampak penjajahan Barat dalam kehidupan bangsa Indonesia masa kini.

Menanya:                 
·     berdiskusi  untuk mendapatkan klarifikasi tentang  strategi  pergerakan,  tokoh-tokoh pergerakan nasional  dan dampak penjajahan Barat dalam kehidupan bangsa Indonesia masa kini.

Mengeksplorasikan:
·     mengumpulkan informasi terkait
dengan strategi  pergerakan,  tokoh-tokoh pergerakan nasional  dan dampak penjajahan Barat dalam kehidupan bangsa Indonesia masa kini melalui bacaan, internet dan sumber-sumber lainnya.

Mengasosiasi:  
·    menganalisis  informasi dan data-data yang didapat  baik dari bacaan maupun dari  sumber-sumber  terkait  untuk mendapatkan  kesimpulan tentang   strategi  pergerakan,  tokoh-tokoh pergerakan nasional  dan dampak penjajahan Barat dalam kehidupan bangsa Indonesia masa kini.

Mengkomunikasikan
·    hasil analisis dan evaluasi selanjutnya dilaporkan dalam bentuk tulisan yang terkait dengan strategi  pergerakan,  tokoh-tokoh pergerakan nasional  dan dampak penjajahan Barat dalam kehidupan bangsa Indonesia masa kini.

Observasi :  mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan.

Portofolio:          menilai laporan peserta didik tentang strategi  pergerakan,  tokoh-tokoh pergerakan nasional  dan dampak penjajahan Barat dalam kehidupan bangsa Indonesia masa kini.

Tes tertulis:        menilai kemampuan peserta didik dalam menganalisis tentang  strategi  pergerakan,  tokoh-tokoh pergerakan nasional  dan dampak penjajahan Barat dalam kehidupan bangsa Indonesia masa kini.

10 mg x 2 jp

·   Buku Facil: Advance Learning History 2, Nana Supriatna, Penerbit Grafindo Media Pratama, 2014
·   Gambar/ Poster tulisan
·   PowerPoint History 2
·   Sumber belajar lainnya
3.7    Menganalisis  peristiwa proklamasi kemerdekaan  dan maknanya bagi kehidupan sosial, budaya, ekonomi, politik dan pendidikan bangsa Indonesia.
3.8    Menganalisis  peristiwa pembentukan pemerintahan pertama Republik Indonesia dan maknanya bagi kehidupan kebangsaan Indonesia masa kini.
3.9    Menganalisis peran Bung Karno dan Bung Hatta sebagai proklamator serta tokoh-tokoh proklamasi lainnya.

4.7    Menalar peristiwa proklamasi kemerdekaan  dan maknanya bagi kehidupan sosial, budaya, ekonomi, politik, dan pendidikan bangsa Indonesia dan menyajikannya dalam bentuk cerita sejarah.
4.8  Menalar peristiwa pembentukan pemerintahan pertama Republik Indonesia dan maknanya bagi kehidupan kebangsaan Indonesia masa kini dan menyajikannya dalam bentuk cerita sejarah.
4.9    Menulis sejarah tentang perjuangan  Bung Karno dan Bung Hatta serta tokoh-tokoh proklamasi lainnya


Unit 3
Terbentuknya Negara Indonesia
A.      Persiapan Pembentukan Negara Kebangsaan Indonesia
B.      Proklamasi Kemerdekaan Indonesia
C.      Makna Proklamasi Kemerdekaan
D.      Pembentukan Kelengkapan Kenegaraan
E.       Respons Rakyat dan Daerah terhadap Pembentukan Negara dan Pemerintahan Indonesia
Mengamati:
·    membaca buku teks dan melihat  gambar-gambar tentang peristiwa proklamasi kemerdekaan, pembentukan pemerintahan dan tokoh-tokoh proklamator Indonesia.
Menanya:      
·     berdiskusi  untuk mendapatkan klarifikasi tentang  peristiwa proklamasi kemerdekaan, pembentukan pemerintahan dan tokoh-tokoh proklamator Indonesia.

Mengeksplorasikan:
·     mengumpulkan informasi terkait
peristiwa proklamasi kemerdekaan, pembentukan pemerintahan dan tokoh-tokoh proklamator Indonesia melalui bacaan dan atau internet, serta sumber-sumber lainnya.

Mengasosiasi:  
·      menganalisis  informasi dan data-data yang didapat  dari bacaan maupun dari  sumber-sumber  terkait  untuk mendapatkan  kesimpulan tentang   peristiwa proklamasi kemerdekaan, pembentukan pemerintahan dan tokoh-tokoh proklamator Indonesia melalui bacaan, internet, serta sumber-sumber lainnya.

Mengkomunikasikan:
·      hasil analisis kemudian dilaporkan dalam bentuk tulisan yang berisikan tentang peristiwa proklamasi kemerdekaan, pembentukan pemerintahan pertama, tokoh-tokoh proklamator Indonesia.

Observasi :
mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan.

Portofolio:
menilai laporan peserta didik tentang proklamasi kemerdekaan, pembentukan pemerintahan pertama Republik Indonesia, serta peran tokoh proklamator dalam proklamasi.

Tes tertulis:        menilai kemampuan peserta didik dalam mengevaluasi proklamasi kemerdekaan, pembentukan pemerintahan pertama Republik Indonesia, serta peran tokoh proklamator dalam proklamasi.

6 mg x 2 jp

·   Buku Facil: Advance Learning History 2, Nana Supriatna, Penerbit Grafindo Media Pratama, 2014
·   Gambar/ Poster tulisan
·   PowerPoint History 2
·   Sumber belajar lainnya
3.10Menganalisis  perubahan dan perkembangan politik masa awal kemerdekaan.

3.11Menganalisis  perjuangan bangsa Indonesia dalam upaya mempertahankan kemerdekaan dari ancaman Sekutu dan Belanda.

4.10Menalar perubahan dan perkembangan politik masa awal proklamasi dan menyajikannya dalam bentuk cerita sejarah.

4.11Mengolah informasi tentang perjuangan bangsa Indonesia dalam upaya mempertahankan kemerdekaan dari ancaman, Sekutu, Belanda dan menyajikannya dalam bentuk cerita sejarah.


Unit 4
Perjuangan Bangsa Indonesia
Mempertahankan Kemerdekaan
A.      Perkembangan Masyarakat Indonesia Pasca - Proklamasi
B.      Perjuangan Fisik Mempertahankan
Kemerdekaan Indonesia
Perjuangan Diplomasi Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia
Mengamati:         
·      membaca buku teks dan melihat  gambar-gambar tentang ancaman terhadap  kemerdekaan Indonesia dari pihak Sekutu dan Belanda.

Menanya:
·      berdiskusi  untuk mendapatkan klarifikasi tentang peristiwa ancaman terhadap kemerdekaan Indonesia dari pihak Sekutu dan Belanda.

Mengeksplorasikan:
·      mengumpulkan informasi terkait dengan ancaman terhadap  kemerdekaan Indonesia dari pihak Sekutu dan Belanda.
 Mengasosiasikan: 
·    menganalisis  informasi dan data-data yang didapat  dari bacaan maupun dari  sumber-sumber  terkait  untuk mendapatkan  kesimpulan tentang   peristiwa  ancaman terhadap  kemerdekaan Indonesia dari pihak Sekutu dan Belanda.

Mengkomunikasikan:
·     hasil analisis kemudian dilaporkan dalam bentuk tulisan yang berisi tentang   peristiwa ancaman terhadap  kemerdekaan Indonesia dari pihak Sekutu dan Belanda
Observasi :  mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan tentang ancaman terhadap  kemerdekaan Indonesia dari pihak Sekutu dan Belanda.

Portofolio:           menilai laporan peserta didik tentang  ancaman terhadap  kemerdekaan Indonesia dari pihak Sekutu dan Belanda.

Tes Tertulis:      menilai kemampuan peserta didik dalam mengevaluasi peristiwa ancaman   terhadap  kemerdekaan Indonesia dari pihak Sekutu dan Belanda
6 mg x 3 jp
·   Buku Facil: Advance Learning History 2, Nana Supriatna, Penerbit Grafindo Media Pratama, 2014
·   Gambar/ Poster tulisan
·   PowerPoint History 2
·   Sumber belajar lainnya

Sungai Baru, ...........................2014
                                    Mengetahui,                                                                                                                                                   
                                    Kepala Sekolah                                                                                                                                                                                   Guru Mata Pelajaran


                                   
                                SUHALI ALI, S.Pd                                                                                                                                                                                 JAKA, S.Pd
               NIP. 19711209 199402 1 001                                                                                                                                                                    NIP. -


Tidak ada komentar:

Posting Komentar