SILABUS
MATA PELAJARAN SEJARAH INDONESIA
SatuanPendidikan : SMAN
3 TELUK KERAMAT
Kelas/Semester : XI/1
Kompetensi
Inti :
KOMPETENSI INTI
|
|
KI-1
|
Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
|
KI-2
|
Mengembangkan
perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan,
gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukkan sikap
sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
|
KI-3
|
Memahami dan
menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan
kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
|
KI-4
|
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Instrumen
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1. Menghayati nilai-nilai persatuan dan keinginan bersatu
dalam perjuangan pergerakan nasional menuju kemerdekaan bangsa sebagai
karunia Tuhan Yang Maha Esa terhadap bangsa dan negara Indonesia.
|
|||||
2.1 Mengembangkan nilai dan perilaku mempertahankan harga
diri bangsa dengan bercermin pada kegigihan para pejuang dalam melawan
penjajah.
2.2 Meneladani perilaku kerjasama, tanggung jawab, cinta
damai para pejuang dalam mewujudkan
cita-cita mendirikan negara dan bangsa Indonesia dan menunjukkannya dalam
kehidupan sehari-hari
2.3 Meneladani perilaku
kerjasama, tanggung jawab, cinta damai para pejuang untuk meraih
kemerdekaan dan menunjukkannya dalam kehidupan sehari-hari.
2.4 Meneladani perilaku kerjasama, tanggung jawab, cinta
damai para pejuang untuk mempertahankan kemerdekaan dan menunjukkannya dalam
kehidupan sehari-hari.
2.5 Berlaku jujur dan bertanggungjawab dalam mengerjakan
tugas-tugas dari pembelajaran sejarah.
|
|||||
3.1 Menganalisis
perubahan, dan keberlanjutan dalam peristiwa sejarah pada masa penjajahan
asing hingga proklamasi kemerdekaan Indonesia
3.2 Menganalisis proses masuk dan perkembangan penjajahan
bangsa Barat (Portugis, Belanda, Inggris) di Indonesia.
3.3 Menganalisis strategi perlawanan bangsa Indonesia
terhadap penjajahan bangsa Barat di Indonesia sebelum dan sesudah abad ke-20
4.1
Mengolah informasi tentang peristiwa sejarah pada
masa penjajahan Bangsa Barat
4.2 Mengolah informasi tentang proses masuk dan
perkembangan penjajahan bangsa Barat di Indonesia dan menyajikannya dalam
bentuk cerita sejarah.
4.3 Mengolah informasi tentang strategi perlawanan bangsa
Indonesia terhadap penjajahan bangsa Barat di Indonesia sebelum dan sesudah
abad ke-20 dan menyajikannya dalam bentuk cerita sejarah
|
Unit 1
Pengaruh Bangsa Barat terhadap
Kehidupan Bangsa Indonesia:
A.
Latar Belakang Munculnya Imperialisme dan Kolonialisme di
Indonesia
B.
Pertemuan Awal Bangsa Indonesia dengan Bangsa Eropa.
C.
Muncul dan Berkembangnya Kolonialisme dan Imperialisme Barat di
Indonesia.
D.
Perubahan Ekonomi, Demografi ,dan Sosial-Budaya di Berbagai
Daerah pada Masa Kolonial.
E.
Perlawanan Rakyat Menentang Dominasi Asing
|
Mengamati :
· membaca buku teks tentang pertumbuhan dan perkembangan kolonialisme
dan imperialisme Barat dan strategi perlawanan bangsa Indonesia terhadap
penjajahan bangsa Barat di Indonesia sebelum dan sesudah abad ke-20.
Menanya:
· berdiskusi untuk mendapatkan klarifikasi tentang
pertumbuhan dan perkembangan kolonialisme dan imperialisme Barat dan strategi
perlawanan bangsa Indonesia terhadap penjajahan bangsa Barat di Indonesia
sebelum dan sesudah abad ke-20.
Mengeksplorasikan:
· mengumpulkan informasi terkait
dengan pertanyaan mengenai pertumbuhan dan
perkembangan kolonialisme dan imperialisme Barat dan strategi perlawanan
bangsa Indonesia terhadap penjajahan bangsa Barat di Indonesia sebelum dan
sesudah abad ke-20, melalui bacaan, internet
dan sumber-sumber lain.
Mengasosiasi:
· menganalisis informasi
yang didapat dari sumber
tertulis dan atau internet serta sumber lainya untuk
mendapatkan kesimpulan tentang
pertumbuhan dan perkembangan kolonialisme dan imperialisme Barat dan strategi
perlawanan bangsa Indonesia terhadap penjajahan bangsa Barat di Indonesia
sebelum dan sesudah abad ke-20.
Mengkomunikasikan:
· hasil analisis yang telah
dilakukan selanjutnya dibuat laporan dalam bentuk tulisan tentang pertumbuhan
dan perkembangan kolonialisme dan imperialisme Barat dan strategi perlawanan
bangsa Indonesia terhadap penjajahan bangsa Barat di Indonesia sebelum dan
sesudah abad ke-20.
|
Observasi: mengamati kegiatan
peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data, dan pembuatan
laporan.
Portofolio:
menilai laporan peserta didik tentang pertumbuhan dan perkembangan kolonialisme
dan imperialisme Barat dan strategi perlawanan bangsa Indonesia terhadap
penjajahan bangsa Barat di Indonesia sebelum dan sesudah abad ke-20.
Tes
tertulis: menilai kemampuan peserta didik
dalam menganalisis tentang pertumbuhan dan perkembangan kolonialisme
dan imperialisme Barat dan strategi perlawanan bangsa Indonesia terhadap
penjajahan bangsa Barat di Indonesia sebelum dan sesudah abad ke-20
|
10 mg x 2 jp
|
·
Buku Facil: Advance Learning History 2, Nana Supriatna, Penerbit Grafindo Media Pratama, 2014
·
Gambar/ Poster tulisan
·
PowerPoint History 2
·
Sumber belajar lainnya
|
3.4 Menganalisis persamaan dan perbedaan pendekatan dan strategi pergerakan nasional
di Indonesia pada masa awal kebangkitan nasional, Sumpah Pemuda dan sesudahnya sampai
dengan Proklamasi Kemerdekaan.
3.5 Menganalisis peran tokoh-tokoh nasional dan daerah
dalam perjuangan menegakkan negara Republik Indonesia.
3.6 Menganalisis dampak
politik, budaya, sosial-ekonomi dan pendidikan pada masa penjajahan
Barat dalam kehidupan bangsa Indonesia masa kini.
4.4 Mengolah informasi tentang persamaan dan perbedaan pendekatan dan strategi pergerakan nasional
di Indonesia pada masa awal kebangkitan nasional, pada masa Sumpah
Pemuda, masa sesudahnya sampai dengan Proklamasi
Kemerdekaan dan menyajikannya dalam bentuk cerita sejarah.
4.5 Menulis sejarah tentang
satu tokoh nasional dan tokoh dari daerahnya yang berjuang melawan
penjajahan kolonial Barat.
4.6 Menalar dampak
politik, budaya, sosial-ekonomi dan pendidikan pada masa penjajahan
Barat dalam kehidupan bangsa Indonesia masa kini dan menyajikannya dalam
bentuk cerita sejarah.
|
Unit 2
Kesadaran
Kebangsaan Indonesia:
A. Muncul
dan Berkembangnya Pergerakan Nasional Indonesia
B. Pertumbuhan
dan Perkembangan Ideologi serta Organisasi Pergerakan Nasional Indonesia
C. Kebijakan
Keras Pemerintah Hindia Belanda terhadap Pergerakan Kebangsaan Indonesia
D. Perkembangan
Infrastruktur pada Masa Pergerakan Nasional
E. Masa
Pendudukan Militer Jepang
|
Mengamati:
· membaca buku teks tentang strategi
pergerakan, tokoh-tokoh
pergerakan nasional dan dampak
penjajahan Barat dalam kehidupan bangsa Indonesia masa kini.
Menanya:
· berdiskusi untuk mendapatkan klarifikasi tentang strategi
pergerakan, tokoh-tokoh
pergerakan nasional dan dampak
penjajahan Barat dalam kehidupan bangsa Indonesia masa kini.
Mengeksplorasikan:
· mengumpulkan informasi terkait
dengan strategi pergerakan, tokoh-tokoh pergerakan nasional dan dampak penjajahan Barat dalam kehidupan
bangsa Indonesia masa kini melalui bacaan, internet dan sumber-sumber
lainnya.
Mengasosiasi:
· menganalisis informasi dan data-data yang didapat baik dari bacaan maupun dari sumber-sumber terkait
untuk mendapatkan kesimpulan
tentang strategi pergerakan,
tokoh-tokoh pergerakan nasional
dan dampak penjajahan Barat dalam kehidupan bangsa Indonesia masa
kini.
Mengkomunikasikan
· hasil analisis dan evaluasi selanjutnya
dilaporkan dalam bentuk tulisan yang terkait dengan strategi pergerakan,
tokoh-tokoh pergerakan nasional
dan dampak penjajahan Barat dalam kehidupan bangsa Indonesia masa
kini.
|
Observasi : mengamati kegiatan
peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan
laporan.
Portofolio: menilai laporan peserta didik
tentang strategi pergerakan, tokoh-tokoh pergerakan nasional dan dampak penjajahan Barat dalam kehidupan
bangsa Indonesia masa kini.
Tes tertulis: menilai kemampuan peserta didik dalam
menganalisis tentang strategi pergerakan,
tokoh-tokoh pergerakan nasional
dan dampak penjajahan Barat dalam kehidupan bangsa Indonesia masa
kini.
|
10 mg x 2 jp
|
·
Buku Facil: Advance Learning History 2, Nana Supriatna, Penerbit Grafindo Media Pratama, 2014
·
Gambar/ Poster tulisan
·
PowerPoint History 2
·
Sumber belajar lainnya
|
3.7 Menganalisis
peristiwa proklamasi kemerdekaan
dan maknanya bagi kehidupan sosial, budaya, ekonomi, politik dan
pendidikan bangsa Indonesia.
3.8 Menganalisis
peristiwa pembentukan pemerintahan pertama Republik Indonesia dan
maknanya bagi kehidupan kebangsaan Indonesia masa kini.
3.9 Menganalisis peran Bung Karno dan Bung Hatta sebagai
proklamator serta tokoh-tokoh proklamasi lainnya.
4.7 Menalar peristiwa proklamasi kemerdekaan dan maknanya bagi kehidupan sosial, budaya,
ekonomi, politik, dan pendidikan bangsa Indonesia dan menyajikannya dalam
bentuk cerita sejarah.
4.8 Menalar peristiwa pembentukan pemerintahan pertama
Republik Indonesia dan maknanya bagi kehidupan kebangsaan Indonesia masa kini
dan menyajikannya dalam bentuk cerita sejarah.
4.9 Menulis sejarah tentang perjuangan Bung Karno dan Bung Hatta serta tokoh-tokoh
proklamasi lainnya
|
Unit 3
Terbentuknya
Negara Indonesia
A. Persiapan
Pembentukan Negara Kebangsaan Indonesia
B. Proklamasi
Kemerdekaan Indonesia
C. Makna
Proklamasi Kemerdekaan
D. Pembentukan
Kelengkapan Kenegaraan
E. Respons
Rakyat dan Daerah terhadap Pembentukan Negara dan Pemerintahan Indonesia
|
Mengamati:
· membaca buku teks dan
melihat gambar-gambar tentang
peristiwa proklamasi kemerdekaan, pembentukan pemerintahan dan tokoh-tokoh
proklamator Indonesia.
Menanya:
·
berdiskusi untuk
mendapatkan klarifikasi tentang
peristiwa proklamasi kemerdekaan, pembentukan pemerintahan dan
tokoh-tokoh proklamator Indonesia.
Mengeksplorasikan:
· mengumpulkan informasi terkait
peristiwa
proklamasi kemerdekaan, pembentukan pemerintahan dan tokoh-tokoh proklamator
Indonesia melalui bacaan dan atau internet, serta sumber-sumber lainnya.
Mengasosiasi:
·
menganalisis informasi dan
data-data yang didapat dari bacaan
maupun dari sumber-sumber terkait
untuk mendapatkan kesimpulan
tentang peristiwa proklamasi
kemerdekaan, pembentukan pemerintahan dan tokoh-tokoh proklamator Indonesia
melalui bacaan, internet, serta sumber-sumber lainnya.
Mengkomunikasikan:
·
hasil analisis kemudian dilaporkan dalam bentuk tulisan yang
berisikan tentang peristiwa proklamasi kemerdekaan, pembentukan pemerintahan
pertama, tokoh-tokoh proklamator Indonesia.
|
Observasi :
mengamati kegiatan peserta didik
dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio:
menilai laporan peserta didik tentang
proklamasi kemerdekaan, pembentukan pemerintahan pertama Republik Indonesia,
serta peran tokoh proklamator dalam proklamasi.
Tes tertulis: menilai kemampuan peserta didik
dalam mengevaluasi proklamasi kemerdekaan, pembentukan pemerintahan pertama
Republik Indonesia, serta peran tokoh proklamator dalam proklamasi.
|
6 mg x 2 jp
|
·
Buku Facil: Advance Learning History 2, Nana Supriatna, Penerbit Grafindo Media Pratama, 2014
·
Gambar/ Poster tulisan
·
PowerPoint History 2
·
Sumber belajar lainnya
|
3.10Menganalisis
perubahan dan perkembangan politik masa awal kemerdekaan.
3.11Menganalisis
perjuangan bangsa Indonesia dalam upaya mempertahankan kemerdekaan
dari ancaman Sekutu dan Belanda.
4.10Menalar perubahan dan perkembangan politik masa awal
proklamasi dan menyajikannya dalam bentuk cerita sejarah.
4.11Mengolah informasi tentang perjuangan bangsa Indonesia
dalam upaya mempertahankan kemerdekaan dari ancaman, Sekutu, Belanda dan
menyajikannya dalam bentuk cerita sejarah.
|
Unit 4
Perjuangan
Bangsa Indonesia
Mempertahankan
Kemerdekaan
A. Perkembangan
Masyarakat Indonesia Pasca - Proklamasi
B. Perjuangan
Fisik Mempertahankan
Kemerdekaan
Indonesia
Perjuangan Diplomasi
Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia
|
Mengamati:
· membaca buku teks dan
melihat gambar-gambar tentang ancaman
terhadap kemerdekaan Indonesia dari
pihak Sekutu dan Belanda.
Menanya:
·
berdiskusi untuk
mendapatkan klarifikasi tentang peristiwa ancaman terhadap kemerdekaan
Indonesia dari pihak Sekutu dan Belanda.
Mengeksplorasikan:
·
mengumpulkan informasi terkait dengan ancaman terhadap kemerdekaan Indonesia dari pihak Sekutu dan
Belanda.
Mengasosiasikan:
·
menganalisis informasi dan
data-data yang didapat dari bacaan
maupun dari sumber-sumber terkait
untuk mendapatkan kesimpulan
tentang peristiwa ancaman terhadap kemerdekaan Indonesia dari pihak Sekutu dan
Belanda.
Mengkomunikasikan:
· hasil analisis kemudian
dilaporkan dalam bentuk tulisan yang berisi tentang peristiwa ancaman terhadap kemerdekaan Indonesia dari pihak Sekutu dan
Belanda
|
Observasi :
mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data,
analisis data dan pembuatan laporan tentang ancaman terhadap kemerdekaan Indonesia dari pihak Sekutu dan
Belanda.
Portofolio: menilai laporan peserta didik
tentang ancaman terhadap kemerdekaan Indonesia dari pihak Sekutu dan
Belanda.
Tes Tertulis: menilai kemampuan peserta didik dalam
mengevaluasi peristiwa ancaman
terhadap kemerdekaan Indonesia
dari pihak Sekutu dan Belanda
|
6 mg x 3 jp
|
·
Buku Facil: Advance Learning History 2, Nana Supriatna, Penerbit Grafindo Media Pratama, 2014
·
Gambar/ Poster tulisan
·
PowerPoint History 2
·
Sumber belajar lainnya
|
Sungai Baru,
...........................2014
Mengetahui,
Kepala
Sekolah Guru
Mata Pelajaran
SUHALI ALI, S.Pd
JAKA, S.Pd
NIP.
19711209
199402 1 001 NIP. -
Tidak ada komentar:
Posting Komentar